"ICT in Education" adalah kependekan dari Information Communication Technologies yang digunakan dalam dunia pendidikan.
|
|
|
Alat pendidikan ICT dapat dibagi menjadi 3 kategori, Sumber daya input, Sumber Daya Output dan lainnya Lihat Grafik Berikut ini
|
|
Penelitian di dunia telah menunjukkan bahwa ICT
dapat memimpin dalam perbaikan metode belajar para pelajar serta
menghasilkan metode pengajaran yang lebih baik.Sebuah laporan yang di
tulis oleh National Institute of Multimedia Education di Jepang,
membuktikan bahwa peningkatan daya serap para pelajar dengan menggunakan
teknologi ICT melalui integrasi kurikulum secara signifikan
menghasilkan dampak yang positif, terutama dalam bidang pengetahuan,
Pemahaman, Ketrampilan Praktis, Ketrampilan presentasi dalam berbagai
subyek pendidikan seperti matematika, ilmu pengetahuan, dan pelajaran
sosial .
Akan tetapi, anda dapat melihat bahwa banyak
solusi teknologi pendidikan yang tersedia di dunia dapat mengakibatkan
kebingungan di antara para pengajar mengenai bagaimana untuk memilih
solusi teknologi ICT yang tepat. Mari kita melihat kelebihan-kelebihan
dan kekurangan-kekurangan dari alat-alat ICT untuk dunia pendidikan dan
menemukan solusi pendidikan ICT yang cocok untuk kebutuhan-kebutuhan
sekolah anda.
|
|
3 Kelebihan utama dari alat-alat ICT untuk pendidikan |
|
|
|
|
1‧ |
Melalui ICT, gambar-gambar dapat lebih mudah digunakan dalam proses mengajar dan memperbaiki daya ingat dari para murid. |
2‧ |
Melalui ICT, para
pengajar dapat dengan mudah menjelaskan instruksi-instruksi yang rumit
dan memastikan pemahaman dari para murid. |
3‧ |
Melalui ICT, para
pengajar dapat membuat kelas interaktif dan membuat proses belajar
mengajar menjadi lebih menyenangkan, yang dapat memperbaiki tingkat
kehadiran dan juga konsentrasi dari para siswa |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 Kekurangan utama dari ICT untuk pendidikan |
|
|
|
|
1‧ |
Permasalahan dalam pengaturan dan pengoperasian dari alat tersebut |
2‧ |
Terlalu mahal untuk dimiliki |
3‧ |
Kesulitan untuk para pengajar dengan pengalaman yang sangat minim dalam penggunaan alat ICT |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Setelah
mempertimbangkan beberapa hal tersebut, sangat mudah untuk melihat
bahwa the Visualiser/Document Camera dapat menjadi alat ICT untuk
pendidikan yang paling efektif dan efisien. |
|
Alasan-alasannya adalah sebagai berikut
1‧ |
The visualiser/Document Camera
mempunyai 3 karakteristik dasar: Efektif biaya, mudah digunakan, hemat
waktu - Sebuah solusi untuk 3 permasalahan utama dari penggunaan
alat-alat ICT |
2‧ |
The Visualiser/Document Camera dapat
mengurangi waktu persiapan mengajar dari para pengajar, Meningkatkan
interaktivitas dengan para murid, meningkatkan konsentrasi dan tingkat
pemahaman para murid terhadap instuksi-instuksi yang rumit |
|
|
|
|
|
Sekarang, mari kita melihat
survei yang telah dikumpulkan dari feed back of the Elmo UK National
Wide Seeding Project dan apa yang terjadi di sekolah-sekolah di UK |
|
|
|
|
|
1. |
Apakah Visualiser meningkatkan atau mengurangi interaktivitas dengan para murid? |
|
Semua pengajar merasa bahwa the Visualiser sangat membantu untuk meningkatkan interaktivitas dengan para murid. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
Apakah The Visualizer memperbaiki konsentrasi dari para murid? |
|
Lebih dari 90% pengajar merasa bahwa konsentrasi di kelas meningkat karena penggunaan The Visualiser. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
Apakah Visualiser memiliki kontribusi dalam mempersempit kesenjangan antara para murid dalam pencapaian akademik? |
|
Lebih
dari 78% para pengajar merasa bahwa the Visualiser membantu dalam
membawa para murid semakin lebih dekat antara mereka dalam
pencapaian-pencapaian akademik mereka. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
Apakah anda merasa lebih senang dengan adanya the visualiser di dalam ruang kelas? |
|
Lebih dari 90% murid lebih senang berada di dalam kelas dengan adanya the visualiser |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
Apakah Visualiser itu mengurangi atau malah menambah waktu persiapan mengajar? |
|
Lebih
dari 55% para pengajar telah mengakui bahwa The Visualiser dapat
mengurangi waktu persiapan untuk mengajar. Tidak ada pengajar yang
merasa bahwa waktu persiapan mengajar mereka bertambah lama. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengintegrasikan ICT dalam pendidikan merupakan persoalan yang
sangat penting bagi para pendidik di dunia. Akan tetapi, apabila para
pengajar tidak dapat menggunakan alat-alat ICT dengan baik, uang dan
waktu yang sudah diinvestasikan akan terbuang percuma. Juga, apabila
anggaran pendidikan terbatas, mencari alat ICT yang efektif biaya dan
berkinerja tinggi merupakan prioritas utama.
Jadi, bagaimana untuk memulai menggunakan ICT dalam dunia
pendidikan dengan the visualiser/documen camera! Anda tidak perlu
membuang waktu untuk belajar menggunakan visualiser karena alat ini
sangat mudah untuk dioperasikan. Dan, anda pun dapat mengoperasikan nya
tanpa menggunakan komputer, dalam hal ini sangat menghemat anggaran.
Harap anda mengingat poin ini: Simple is best! ALat pendidikan ICT tidak
membuat para pengajar ahli dalam ketrampilan ICT, tetapi membuat para
pengajar semakin mudah menciptakan lingkungan belajar mengajar yang
efektif melalui ICT |
0 comments:
Post a Comment